MATERI BAHASA INGGRIS KELAS X (LINTAS MINAT) SMT
1 & 2
KURIKULUM 2013
1.
Formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll.
(2x3jp)
Fungsi social Memberikan data yang jelas
Struktur Tek
3.1 . Membedakan Teks dalam bentuk beberapa Formulir (Pengetahuan)
4.1. Menangkap makna secara kontekstual Terkait bentuk formulir isian (Praktek
mengisi
bentuk formulir )
2.
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan
melakukan suatu tindakan. (2x3jp)
Fungsi social :Menjaga hubungan interpersonal
dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks
:Mengucapkanungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
Let’s play game! , Why
don’t you join the contest? Shall I finish this job?
Shall we have dinner
tonight?
Unsur kebahasaan :Kosa kata, tata bahasa,
ucapan, tekanan kata, dan intonasi.Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.2. Menerapkan
Ungkapan ajakan melakukan sesuatu ( Pengetahuan) Diberikan tes
percakapan
yang temanya tentang ajakan melakukan sesuatu . bisa berbentuk saran atau
anjuran
(advice or recomandation)
4.2. Menyusun teks ungkapan ajakan
melakukan suatu tindakan (Menugaskan siswa untuk
membuat percakapan tentang
ungkapan menasehati atau menganjurkan / untuk nilai
keterarmpilan (Praktek performance di depan kelas
/guru langsung memberi penilaian )
3.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu (Will dengan Simple, Continuos, Perfect Tense). (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
Struktur teks
:You will meet her soon. She will be waiting for you there, .My
classmate
will have been here by the time you arrive.
Unsur kebahasaan :
(1) Will dengan simple, continuous, dan perfect
tense
(2)
ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik :
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.3. Menerapkan
Fungsisocial : Menyatakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan
telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
Struktur
teks :You will meet her soon. She will
be waiting for you there, .
My classmate will
have been here by the time you arrive.
4.3. Menyusun teks ungkapan
tindakan /kegiatan/kejadian yang akan , sedang dan telah
dilakukan diwaktu yang akan datang. (Siswa Praktek
membuat percakapan dan tampil di
depan kelas secara berkelompok)
4.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan
antara dua benda atau tindakan (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan hubungan satu dengan
yang lain
Struktur teks :Both Andi and Joko have come to
join the contest. Deni is not only good
person but also generous. Either Roni or Iwan
will participate in the game
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung (pair
conjunction) Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither
... nor.,
(2) tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.Topik :
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
dalam
maupun di luar kelas
3.4. Menerapkan
(bentuk kegiatan : 1. Menyimak teks yang ada pernyataan
menyatakan
hubungan dua benda(3.4) seperti : BothAndi
and Joko have come to join the contest.
Deni
is not
only good person but
also generous. Either Roni or Iwan will participate in
the
game 2. Membandingkan bebrapa percakan yang menggunaka n kata (3.4)
tersebut
4.4.Menyusun
teks percakapan yang menggunakan kata (3.4) tersebut terkait tindakan
memberi
dan meminta informasi yang mengandung hubungan
setara antara dua benda.
(
membuat percakapan tentang (3.4)
(Portofolio) cukup di nilai dengan melihat hasil
pekerjaan
siswa secara berkelompok. Guru memberi penilaian Keterampilan sambil
berkeliling
melihat pekerjaan masing – masing siswa ( membawa format penilaian /
langsung
di masukan kedalam Adm penilaian )
5.
Teks recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian
peristiwa bersejarah. (3x3jp)
Fungsi social :Menguraikan langkah-langkah
tindakan dan kejadian dalam bentuk laporan
kerja dan tentang
peristiwa bersejarah, untuk mempertanggung-jawabkan,
meneladani, dan
mendapatkan pelajaran berharga.Struktur teks
(1) Orientasi: menyebutkan tujuan dan
langkah-langkah tindakan dan kejadian secara umum
(2)
Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
(3)
Penutup (seringkali ada): komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata-kata terkait dengan kegiatan siswa dan kejadian bersejarah yang banyak
dibicarakan.
(2)
Past: Simple, Continuous, Perfect tense
(3)
Adverbial dan frasa presposisional yang menyatakan waktu, cara, dsb.
(4)
Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara
lisan.
Topik
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran,
termasuk dalam mata pelajaran lain, dan peristiwa
sejarah, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya
juang, percaya diri, tanggung jawab,disiplin.
3.5 .Membedakan
FS,ST& UK beberapa teks
recount berbentuk biography dengan
memberi
dan meminta informasi terkait tokoh terkenal sesuai konteks.
(Diberikan test satu teks
recount berbentuk biography)
4.5. 1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait FS, ST & UK pada teks Biography.
4.5.2.
Menyusun teks recount dalam
bentuk biography terkait tokoh terkenal. ( Praktek
membuat satu teks recount bentuk biography
) ditulis tangan langsung.
6.
Teks lisan dan tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya.(2x3jp)
Fungsi social :Menjaga hubungan interpersonal
dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks :Dewi is too weak to walk
alone. Munandar is qualified enough to have thatjob.
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause &
effect) Too and enough,
(2)
ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak
yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara
guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.6. Menerapkan
(membaca cermat teks tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai
dengan konteks penggunaannya ( Too &
Enough) ( Tes diberikan bebrapa rumpang kalimat dilengkapi dengan Too
& enough)
4.6.
Menyusun teks percakapan
yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi
terkait kecukupan untuk dapat dan tidak dapat melakukan
seesuatu ( Projek membuat
percakapan yang menggunakan Too dan Enough secara berkelompok) Guru langsung
memberikan nilai
keterampilan sambil berkeliling mengobservasi siswa berdiskusi.
Sebelumnya guru menyediakan bahan untuk
didikusikan terkait materi di atas.
7.
Teks tulis iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media
massa. (2x3jp)
Fungsi social :Membujuk orang lain untuk
membeli/memakai barang/jasa dan Menonton/
mengikuti kegiatan (event)
Struktur Teks :Ungkapan yang lazim digunakan
dalam teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan :
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata,
tekanan kata, intonasi, ejaan,dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang
lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:Layout, dekorasi, yang membuat
tampilan teks lebih menarik
3.7. Membedakan FS,ST& UK beberapa teks khusus bentuk iklan tentang event tertentu.
( Test tulisnya diberikan bebera bentuk iklan
untuk dicari informasi even apa yang ada
dalam iklan tersebut.
4.7.1. Menangkap makna terkait FS,ST & UK dalam bentuk iklan kegiatan ( dengan
menjawab beberapa soal dari tes bentuk iklan
event)
4.7.2. Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event) ( Projek membuat &
mempresentasikan
teks iklan bentuk event ) Tampil berkelompok. Langsung di beri
penilaian
( Iklan di buat semenarik mungkin
dalam karton atau slide PP.PC)
8.
Teks repor lisan dan tulis terkait
teknologi yg tercakup pada pelajaran lain di kelas x.
Fungsi social : Memperoleh gambaran umum
tentang hal yang terkait teknologi
secara objektif
dan ilmiah.
Struktur Teks: Menyebutkan jenis atau definisi
objek yang dipaparkan, Deskripsi objek
termasuk nama, bagian-bagian ,sifat dan prilaku
yang umum ditemukan/dilihat.
(
Menyebutkan struktur dari Report tekt)
Unsur Kebahasaan : Kosa kata tentang teknologi
yang diamati, kata kerja
keadaan be, have,look,need,breed, dll, dalam
simple present tense atau simple
past tense jika sudah punah atau tidak ada
lagi., ucapan ,tekanan kata, intonasi,
ejaan dan tanda baca.
3.8.
MembedakanFS,ST & UK teks
report lisan dan tulis terkait teknologi
yang tercakup
dalam mata pelajaran kelas x (Tes tulis repor
teks terkait teknologi)
4.8. 1. Menangkap makna secara kontekstual
terkait; FS,ST& UK teks report lisan
dan tulis
terkait teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran kelas x. ( Tes tulis sama dengan
KD.3.8)
4.8.2. Menyusun teks repor lisan dan tulis terkait
teknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran kelas x (menulis teks report tentang
teknologi dan mempresentasikan)
Praktek.
9.
7. Ungkapan Proverb tulis
dan lisan. (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan kebenaran dan memberi
kan nasehat atau pesan moral dan
teka teki .
Struktur teks :Ungkapan baku dari sumber-sumber
otentik.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
Topik :
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan
disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks
lebih menarik.
10. Lagu (2x3jp)
Fungsi sosial :Menghibur, mengungkapkan
perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Terimakasi atas segala bantuannya
BalasHapusMohon maaf untuk lintas minat bhs Inggris kelas X & XII apa punya & menggunakan penerbit apa?
BalasHapustolong rpp bhs inggris lintas minat kelas x pa!!
BalasHapusUntuk semester 1 materi terakhir ap benar sampai 3.5-4.5 saja?
BalasHapusmateri untuk kelas X yang wajib ada?
BalasHapusmaaf materi untuk lintas minat kelas X dan XI ada ??soalnya dari dulu cari ga dapet :(
BalasHapus