Langsung ke konten utama

Materi Bahasa Inggris Lintas Minat Kelas 10 Semester 1 & 2 Th 2017



MATERI BAHASA INGGRIS KELAS X (LINTAS MINAT) SMT 1 & 2 
KURIKULUM 2013
1.      Formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi, dll. (2x3jp)
Fungsi social Memberikan data yang jelas 
Struktur Tek
3.1  . Membedakan  Teks dalam bentuk beberapa Formulir (Pengetahuan)
4.1. Menangkap makna  secara kontekstual  Terkait bentuk formulir isian (Praktek mengisi
bentuk formulir )
2.      Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ajakan melakukan suatu tindakan. (2x3jp)
Fungsi social :Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks  :Mengucapkanungkapan ajakan melakukan suatu tindakan.
Let’s play game! , Why don’t you join the contest? Shall I finish this job?
Shall we have dinner tonight?
Unsur kebahasaan :Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.2. Menerapkan  Ungkapan ajakan melakukan sesuatu ( Pengetahuan) Diberikan tes
        percakapan yang temanya tentang ajakan melakukan sesuatu . bisa berbentuk  saran atau
        anjuran (advice or  recomandation)
            4.2. Menyusun teks ungkapan  ajakan  melakukan suatu tindakan (Menugaskan siswa untuk    
                    membuat percakapan tentang ungkapan menasehati atau menganjurkan / untuk nilai
                    keterarmpilan  (Praktek performance di depan kelas /guru  langsung  memberi penilaian )
3.      Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu (Will dengan Simple, Continuos, Perfect Tense). (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah
dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
Struktur teks  :You will meet her soon. She will be waiting for you there, .My classmate
will have been here by the time you arrive.
Unsur kebahasaan :
(1) Will dengan simple, continuous, dan perfect tense
(2)  ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik  :
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.3. Menerapkan  Fungsisocial : Menyatakan tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
       dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang
       Struktur teks  :You will meet her soon. She will be waiting for you there, .
                               My classmate will have been here by the time you arrive.
4.3. Menyusun  teks ungkapan  tindakan /kegiatan/kejadian yang akan , sedang dan telah 
       dilakukan  diwaktu yang akan datang. (Siswa Praktek membuat percakapan dan tampil  di
       depan kelas  secara berkelompok)
4.      Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keterkaitan antara dua benda atau tindakan (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan hubungan satu dengan yang lain
Struktur teks :Both Andi and Joko have come to join the contest. Deni is not only good
person but also generous. Either Roni or Iwan will participate in the game
Unsur kebahasaan
(1)   Kata penghubung (pair conjunction) Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither
... nor.,
(2) tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.Topik  :
      Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di
      dalam maupun di luar kelas
3.4. Menerapkan  (bentuk kegiatan : 1. Menyimak teks yang ada  pernyataan menyatakan
       hubungan dua benda(3.4) seperti : BothAndi and Joko have come to join the contest.
       Deni is not only good   person but also generous. Either Roni or Iwan will participate in
        the game  2. Membandingkan  bebrapa percakan yang menggunaka n kata (3.4) tersebut
 4.4.Menyusun teks  percakapan yang menggunakan  kata (3.4) tersebut  terkait tindakan
        memberi dan meminta informasi yang mengandung hubungan   setara  antara dua  benda.
       ( membuat percakapan tentang (3.4)  (Portofolio) cukup di nilai dengan melihat hasil
       pekerjaan siswa secara berkelompok. Guru memberi penilaian Keterampilan sambil
       berkeliling melihat pekerjaan masing – masing siswa ( membawa format penilaian /
       langsung di masukan kedalam Adm  penilaian )

5.      Teks recount, lisan dan tulis berbentuk laporan kerja dan uraian peristiwa bersejarah. (3x3jp)
Fungsi social :Menguraikan langkah-langkah tindakan dan kejadian dalam bentuk laporan   
                        kerja dan tentang peristiwa bersejarah, untuk mempertanggung-jawabkan,
                        meneladani, dan mendapatkan pelajaran berharga.Struktur teks
            (1)    Orientasi: menyebutkan tujuan dan langkah-langkah tindakan dan kejadian secara umum
(2)    Uraian tindakan/kejadian secara berurut dan runtut
(3)   Penutup (seringkali ada): komentar atau penilaian umum.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata-kata terkait dengan kegiatan siswa dan kejadian bersejarah yang banyak dibicarakan.
(2)   Past: Simple, Continuous, Perfect tense
(3)   Adverbial dan frasa presposisional yang menyatakan waktu, cara, dsb.
(4)   Ucapan, rujukan kata tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata  pelajaran lain, dan peristiwa sejarah, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab,disiplin.
3.5 .Membedakan  FS,ST& UK beberapa  teks recount berbentuk biography  dengan memberi
dan meminta informasi  terkait tokoh terkenal sesuai konteks. (Diberikan test satu teks
recount berbentuk biography)
 4.5. 1. Menangkap makna  secara kontekstual  terkait FS, ST & UK pada teks Biography.
 4.5.2.  Menyusun  teks recount dalam bentuk biography terkait tokoh terkenal. ( Praktek
membuat satu teks recount bentuk biography )  ditulis tangan langsung.
6.      Teks lisan dan tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.(2x3jp)
Fungsi social :Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain
Struktur teks :Dewi is too weak to walk alone. Munandar is qualified enough to have thatjob. 
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung sebab akibat (cause & effect) Too and enough,
(2)  ucapan, tekanan kata, intonasi,
(3) ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.6. Menerapkan  (membaca cermat teks tulis tentang menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya ( Too &
       Enough) ( Tes diberikan bebrapa rumpang kalimat dilengkapi dengan Too & enough)
4.6.  Menyusun teks  percakapan yang  melibatkan tindakan  memberi dan  meminta informasi
terkait kecukupan untuk dapat dan tidak dapat  melakukan  seesuatu ( Projek membuat
percakapan yang menggunakan Too dan Enough  secara berkelompok) Guru langsung
memberikan nilai  keterampilan sambil berkeliling mengobservasi siswa berdiskusi.
Sebelumnya guru menyediakan bahan untuk didikusikan terkait materi di atas.
7.      Teks tulis iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa. (2x3jp)
Fungsi social :Membujuk orang lain untuk membeli/memakai barang/jasa dan Menonton/
mengikuti kegiatan (event)
Struktur Teks :Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan :
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan,dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
3.7. Membedakan FS,ST& UK  beberapa teks khusus bentuk iklan  tentang event tertentu.
( Test tulisnya diberikan bebera  bentuk iklan  untuk dicari informasi even apa yang ada
dalam iklan tersebut.
4.7.1. Menangkap makna  terkait FS,ST & UK  dalam bentuk iklan kegiatan  ( dengan
menjawab beberapa soal dari tes bentuk iklan event)
4.7.2. Menyusun teks khusus dalam bentuk  iklan kegiatan (event) ( Projek membuat  &
mempresentasikan  teks iklan bentuk event ) Tampil berkelompok. Langsung di beri
penilaian  ( Iklan di buat semenarik mungkin  dalam karton atau slide PP.PC)

8.      Teks repor lisan dan tulis terkait  teknologi yg tercakup pada pelajaran lain di kelas x.
Fungsi social : Memperoleh gambaran umum tentang  hal yang terkait teknologi secara objektif
dan ilmiah.
Struktur Teks: Menyebutkan jenis atau definisi objek yang dipaparkan, Deskripsi objek
termasuk nama, bagian-bagian ,sifat dan prilaku yang umum ditemukan/dilihat.
                        ( Menyebutkan struktur dari Report tekt)
Unsur Kebahasaan : Kosa kata tentang teknologi yang diamati, kata kerja 
keadaan  be, have,look,need,breed, dll, dalam simple  present tense atau simple
past tense jika sudah punah atau tidak ada lagi., ucapan ,tekanan kata, intonasi,
ejaan dan tanda baca.
3.8.  MembedakanFS,ST & UK  teks report lisan dan tulis  terkait teknologi yang tercakup
dalam mata pelajaran kelas x (Tes tulis repor teks terkait teknologi)
4.8. 1. Menangkap makna secara kontekstual terkait; FS,ST& UK  teks report lisan dan tulis
terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran kelas x. ( Tes tulis sama dengan
           KD.3.8)
4.8.2. Menyusun teks repor lisan dan tulis terkait teknologi yang tercakup dalam  mata
pelajaran kelas x (menulis teks report tentang teknologi  dan mempresentasikan)
Praktek.

9.      7. Ungkapan Proverb   tulis dan lisan. (2x3jp)
Fungsi social :Menyatakan kebenaran dan memberi kan nasehat atau pesan moral dan
teka teki .
Struktur teks :Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa yang baku dalam proverb
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik :
Keteladanan tentang perilaku santun, peduli, dan disiplin.
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

10.  Lagu (2x3jp)
Fungsi sosial :Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik

Komentar

  1. Terimakasi atas segala bantuannya

    BalasHapus
  2. Mohon maaf untuk lintas minat bhs Inggris kelas X & XII apa punya & menggunakan penerbit apa?

    BalasHapus
  3. tolong rpp bhs inggris lintas minat kelas x pa!!

    BalasHapus
  4. Untuk semester 1 materi terakhir ap benar sampai 3.5-4.5 saja?

    BalasHapus
  5. materi untuk kelas X yang wajib ada?

    BalasHapus
  6. maaf materi untuk lintas minat kelas X dan XI ada ??soalnya dari dulu cari ga dapet :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Bahasa Inggris Kelas XI Umum 1 Tahun

Materi Bahasa Inggris (Umum) Kelas XI Smt 1, Kurikulum 2013 1. Teks    lisan dan tulis untuk   menyatakan pendapat dan pikiran   serta responnya . (2x3jp)    Fungsi Sosial ·             Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain    Ungkapan        menyatakan pendapat/pikiran       I think …         I suppose...         In my opinion   …        Unsur Kebahasaan          Ucapan, tekanan kata,     intonasi  2. Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya. (2x2jp)   Fungsi Sosial ·            Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain   Ungkapan  Saran dan tawaran:     Why don’t youtalk to your parents?    What about seeing a doctor now?    You should let them know.    You can use my PC.    Do you need any help?       Unsur kebahasaan (      1)   Kata kerja terkait dengan pemberian saran atau tawaran (      2)   Preposition + verb ing (      3)   U capan, tekanan kat

The Best 5 Motivational & Inspiring Story About Life

The Best 5 Motivational and Inspiring Short Stories About Life When life has got you in a slump, turn to these inspirational short stories. Not only is reading them like getting an internet hug for the soul, but they just may spark an idea or a change in you for the better. Read on and get ready to smile. 1. Everyone Has a Story in Life A 24 year old boy seeing out from the train’s window shouted… “Dad, look the trees are going behind!” Dad smiled and a young couple sitting nearby, looked at the 24 year old’s childish behavior with pity, suddenly he again exclaimed… “Dad, look the clouds are running with us!” The couple couldn’t resist and said to the old man… “Why don’t you take your son to a good doctor?” The old man smiled and said…“I did and we are just coming from the hospital, my son was blind from birth, he just got his eyes today.” Every single person on the planet has a story. Don’t judge people before you truly know them. The truth might surprise you. 2. Sha